Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Seorang Investor Pemula

Semakin banyaknya tawaran investasi membuat banyak investor pemula yang mulai berani menjalani investasi. Hal ini merupakan hal yang wajar mengingat saat ini banyak platform investasi yang ramah untuk para investor pemula sehingga bisa membantu mereka untuk menjalani investasi dengan lebih mudah. Akan tetapi, menjadi investor pemula juga perlu berhati-hati. Sebab, ada beragam hal yang perlu diperhatikan seorang investor pemula dalam menjalani investasi. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya :

Pemilihan skema investasi

Hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh seorang investor pemula adalah pemilihan skema investasi. Ada beragam investasi yang bisa dipilih oleh para investor pemula saat ini. Agar bisa menghasilkan keuntungan secara optimal, maka sebaiknya pilihlah skema investasi yang memberikan kemudahan berupa imbal hasil yang pasti. Sebab investasi tersebut tidak hanya bisa menghasilkan keuntungan dengan lebih pasti melainkan juga dapat mencegah risiko kerugian dikemudian hari. Selain itu, pilih juga skema investasi terpercaya yang telah diawasi oleh OJK untuk melindungi Anda selaku investor dari skema investasi bodong.

Pengaturan portofolio investasi

Selain memilih skema investasi yang tepat, sebagai investor Anda juga perlu mengatur portofolio investasi yang Anda miliki. Portofolio investasi perlu diperhatikan betul agar dapat mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Sebagai investor, Anda bisa menghasilkan keuntungan dengan cara melakukan diversifikasi set. Bagi aset investasi Anda kedalam beberapa skema mulai dari yang risikonya rendah hingga yang risikonya tinggi. Pembagian aset ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan keuntungan sekaligus meminimalisir kerugian investasi.

Proses pengambilan keputusan

Salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh seorang investor pemula adalah proses pengambilan keputusan. Proses ini merupakan salah satu yang terpenting karena bisa berpengaruh besar terhadap investasi yang Anda jalani. Ketika Anda mengambil keputusan investasi yang keliru, maka potensi keuntungan yang bisa didapat akan berkurang. Tak hanya itu, Anda juga bisa merugi karena keputusan investasi yang kurang tepat. Oleh karena itu, lebih tenanglah saat mengambil keputusan dan dasari keputusan karena logika bukan karena perasaan semata.

Tags: