Ternyata Probiotik Tak Sekedar Mampu Jaga Kesehatan Pencernaan Saja

Istilah probiotik mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi sebagian orang, karena nyatanya bakteri yang satu ini bekerja dengan begitu baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna manusia. Sehingga setiap orang dianjurkan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang memang kaya akan kandungan probiotik tersebut. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna pastinya sudah sering kali Anda dengar bukan. Bahkan sekarang ini juga banyak tersedia produk suplemen dengan kandungan probiotik di dalamnya.

Padahal sebenarnya tanpa harus mengkonsumsi suplemen semacam ini, maka dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari sebagian banyak diantaranya sudah mengandung probiotik, sebut saja diantaranya adalah makanan hasil fermentasi susu, yaitu goyurt, keju hingga mentega susu. Sampai dengan produk makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, yaitu tempe. Lalu sebenarnya apa saja peran dari probiotik ini di dalam tubuh? Berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Menguatkan sistem imuns, bakteri baik bekerja di dalam saluran cerna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga nantinya Anda tidak akan mudah terserang penyakit dan juga alergi.
  2. Dapat mengurangi efek antibiotik, antibiotik ini adalah obat-obatan yang terbuat dari bakteri yang sudah dilemahkan, namun jika seandainya dikonsumsi dalam jangka waktu panjang maka akan mempengaruhi fungsi tubuh. Dengan adanya probiotik ini maka berguna untuk menyeimbangkan fungsi tubuh setelah konsumsi antibiotik tersebut.
  3. Mencegah terjadinya peradangan, khususnya adalah peradangan yang sering kali menyerang usus manusia karena pola makan yang tidak sehat.
  4. Dapat mencegah eksim, yaitu masalah kulit yang tak hanya menyerang anak-anak saja, melainkan juga rentan menyerang orang dewasa.
  5. Menjaga kesehatan vagina, organ tubuh yang sangat vital bagi kaum hawa ini rentan sekali mengalami gangguan dengan jamur, hingga kandidiasis, bakteri baik atau probiotik ini bisa bekerja untuk mencegahnya.
  6. Dapat mengurangi resiko intoleransi laktosa yang umumnya terjadi pada anak-anak.

Banyak bukan manfaatnya, setiap orang harus mencukupi kebutuhan probiotik dalam tubuhnya, apalagi jika sudah muncul gejala diare maka selain probiotik juga harus ada zinc. Ketahui pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare.

Tags: